Mountain View Mountain View

Kunjung Lapang : Penilaian Asuhan Mandiri Pemanfaatan TOGA dan Akrupresur di Desa Lestari Kecamatan Patianrowo

Rabu, 06 Juni 2018

NGANJUK – Tim Penilaian Asuhan Mandiri (Asman) Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Akrupresur dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur berkunjung ke Kabupaten Nganjuk, Senin (4/5). Kunjungan ini dalam rangka melakukan penilaian lapangan pada Kelompok Asman di Desa Lestari, Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nganjuk. Beberapa metode dilakukan mulai dari wawancara hingga observasi langsung. Sekitar pukul 08.00 WIB Tim yang diketuai oleh Dra. Elmi Mufidah, M.Kes. tiba di Ruang Rapat Peringgitan Pendopo Kabupaten Nganjuk untuk terlebih dahulu menemui Pj. Bupati. 


Tim Penilai hadir didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Nganjuk dr Achmad Noeroel Cholis dan jajarannya. Kedatangan tim penilai disambut oleh Pj. Bupati Nganjuk Drs. Sudjono, MM., para asisten dan juga pengurus PKK Kabupaten Nganjuk. Di ruangan tersebut berlangsung wawancara antara Tim Penilai dengan Pj. Bupati. Wawancara terkait bagaimana kerjasama di lintas sektor. Wawancara berlangsung lumayan singkat, di akhir kata Pj. Bupati mengungkapkan rasa terimakasihnya. “Mudah-mudahan Barokah ya di Bulan Puasa ini,” terang Bupati. 


Tim Penilai dan Pj. Bupati serta rombongan kemudian bersama-sama menuju Gedung PKK untuk melihat produk-produk hasil olahan PKK. Hasil olahan tanaman obat tersebut seperti minuman jamu (beras kencur, kunyit asam) hingga olahan makanan. Tim penilai juga melihat Taman Toga yang berada di sebelah Gedung PKK. 


Setelah itu Tim Penilai berangkat menuju Desa Lestari, Kecamatan Patianrowo. Di desa tersebut terdapat “Kelompok Asman Dandang Gendis” yang akan dinilai oleh Tim. Kelompok tersebut berawal dari seorang ibu rumah tangga yang hobi menanam tanaman TOGA. Hobi tersebut membuat para tetangga ingin menanam juga. Dari 10 rumah, kini seluruh rumah di RT 001 RW 001 Desa Lestari menanam tanaman TOGA. 


Para Tim Penilai mengunjungi Puskesmas Kecamatan Patianrowo, kemudian ke Pendopo Kecamatan Patianworo dan terakhir ke Balai Desa Lestari Patianrowo. Baik di Puskesmas maupun Kecamatan Tim mewawancarai petugas puskesmas dan Camat Patianrowo Subani, SH, MM., di Balai Desa Lestari para Tim Penilai disambut dengan Kader Asman Dandang Gendis, juga ada pengalungan melati kepada Ketua Tim. 

Dalam kesempatan ini, Ketua Tim mengapresiasi Puskesmas Patianrowo. “Puskesmasnya bagus, semoga kita bisa bertemu lagi ya di Tingkat Nasional,” ucapnya disambut Amin oleh seluruh tamu yang hadir. 


Penilaian ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan motivasi masyarakat untuk memiliki dan memanfaatkan TOGA secara benar. Diadakan setiap tahun yang pelaksanaannya berkelanjutan mulai dari tingkat Desa/Kelurahan hingga Tingkat Pusat/Nasional. Dalam acara tersebut Camat dan jajarannya hingga pengurus PKK per desa melakukan Deklarasi Asmanisasi Asuhan Mandiri Taman Obat Keluarga dan Ketrampilan. Acara diakhiri dengan melihat produk-produk tanaman obat Desa Lestari di Stand Pameran yang telah disediakan. 


(Humas Protokol Pemkab Nganjuk/yi)


KEMBALI