Mountain View Mountain View

Pj. Bupati Menyerahkan Secara Simbolis Sarana dan Prasarana Fasilitas Kesehatan dari DBHCHT Ta. 2018 untuk Puskesmas Kecamatan

Rabu, 06 Juni 2018


NGANJUK – Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCT) Kabupaten Nganjuk Tahun 2018 direalisasikan dalam bentuk pengadaan Sarana dan Prasarana Fasilitas. Diserahkan secara simbolis langsung oleh Pj. Bupati Nganjuk pada Rabu (6/6) di Pendopo Kabupaten Nganjuk. Hal ini sesuai dengan peraturan mentri keuangan perihal petunjuk teknis DBHCT Ta. 2018 yang menganjurkan dana tersebut diperuntukkan untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). 


Dana yang kurang lebih Rp 10 Milyar tersebut diwujudkan dalam bentuk fasilitas kesehatan seperti 6 unit mobil ambulance, 42 unit bed pasien, 14 unit autoclave, 17 unit UGD set, 2 unit EKG, 16 unit tensimeter, 16 unit stetoskop, 9 unit infant warmer, 6 unit hematologi analyzer, 9 unit fotometer, dan 3 unit centrifuge. “Serta pembayaran premi kesehatan untuk 21 ribu jiwa yang terintegrasi dengan BPJS,” ujar Kadinkes Kabupaten Nganjuk dr Achmad Noeroel Cholis dalam laporannya. 


Dalam acara tersebut, secara simbolis Pj. Bupati Nganjuk menyerahkan replika kunci mobil ambulance kepada 6 kecamatan yang dirasa membutuhkan. Enam kecamatan terseubt adalah Kecamatan Wilangan, Bagor, Berbek, Ngetos, Pace, dan Baron. Selain replika kunci Pj. Bupati juga menyerahkan satu kardus berisi alat kesehatan untuk Kecamatan Tanjunganom. 


Dalam sambutannya Pj. Bupati berharap agar adanya tambahan fasilitas kesehatan ini bisa menunjang kinerja paramedis sehingga kualitas layanan kesehatan di Kabupaten Nganjuk pun naik. “Mudah-mudahan dengan pemberian sarana prasarana ini layanan jadi semakin baik, ada deteksi dini juga untuk beberapa penyakit mengkhawatirkan misalnya HIV/AIDS juga gizi buruk,” terang Drs. Sudjono, MM.


Setelah penyerahan, Kadinkes dan Pj. Bupati menyempatkan diri untuk mengecek keadaan mobil ambulance. 


(Humas Protokol Pemkab Nganjuk/yi)


KEMBALI